Murid Termotivasi, Murid Berprestasi

Dalam proses pembelajaran, motivasi merupakan hal utama sebelum akhirnya murid dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Motivasi penting agar murid dapat lebih aktif, dan tidak sebatas menerima ilmu, melainkan turut aktif dalam menyaring informasi yang diterima dan tentunya memberikan masukan.
Bagaimana cara memotivasi murid agar dapat lebih aktif di kelas?
Sebelumnya, kita perlu mengetahui bahwa terdapat dua jenis motivasi yaitu, motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik merupakan motivasi yang timbul dari individu, tanpa ada paksaan ataupun dorongan dari orang lain. Sedangkan motivasi ekstrinsik timbul dikarenakan dorongan dari luar individu. Sebagian siswa mungkin telah memiliki antusiasme dan motivasi yang tinggi, namun terkadang beberapa siswa membutuhkan dorongan lebih agar terstimulasi untuk menjadi lebih aktif di kelas. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memotivasi siwa dan mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang efektif.
Pertama, perlunya menciptakan iklim belajar menyenangkan yang dititik beratkan pada kebutuhan juga ketertarikan siswa pada materi pelajaran. Salah satu cara menciptakan iklim belajar yang menyenangkan adalah dengan mengajak siswa secara aktif menganalisis suatu studi kasus tertentu. Hal ini akan melibatkan siswa berpartisipasi dengan ikut membuat (making), bertindak (doing), menulis (writing), merancang (designing), menciptakan (creating) dan memecahkan persoalan (solving). Dengan keterlibatan aktif dan komunikasi dua arah, siswa akan lebih aktif dan tertantang dalam kegiatan belajar, dibandingkan sekedar mendengarkan materi yang diberikan.
Selain iklim belajar menyenangkan, menjadi penting bagi guru untuk menjaga hubungan baik dengan siswa. Jadilah teman bagi siswa yang dapat mendengar pendapat dan cerita siswa. Lebih dari sekedar mendapatkan angka, bantu siswa menemukan manfaat dan pentingnya materi yang sedang dipelajari. Lebih jauh lagi, penting untuk menghindari suasana kompetisi yang berlebihan antar siswa dengan mengarahkan mereka lebih kepada kompetisi kerja dalam tim.
Motivasi siswa mendorong prestasi siswa.
Mari motivasi anak didik kita untuk lebih aktif di kelas! :)

Sumber : http://guraru.org/info/murid-termotivasi-murid-berprestasi/



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...